Selamat Datang Rakan dan Semoga Bermanfaat.

Sunday, May 22, 2016

7 Ilmuwan Islam yang Fenomenal

Salam sejahtera rakan..

Ini dia 7 Ilmuwan muslim yang fenomenal versi Gudang Isi :

1. Muhammad bin Musa Al-Khawarizmi

beritahati.com
    Beliau adalah ahli Matematika, Astronomi, Astrologi dan Geografi asal Persia. Lahir sekitar tahun 780 di khawarizm (khiva, Uzbekistan) dan wafat kira-kira pada tahun 850 di baghdad. Muhammad bin Musa Al-Khawarizmi bekerja sebagai dosen di sekolah kehormatan di baghdad.

     Al-jabar adalah buku pertamanya yang membahas solusi sistematik dari linear dan notasi kuadrat. maka dari itu ia dijuluki bapak al-jabar. dari tranlasi bahasa latin yang berasal dari aritmatika beliau yang memperkenalkan angka india, kemudian dipromosikan sebagai penomoran posisi desimal di dunia barat pada abad ke-12. beliau merubah atau merevisi geografi ptolemeus mengerjakan tulisan-tulisan tentang astronomi dan astrologi.
 Karya :   1. Kitab I- Aljabar
                2. Kitab II- Dixit Algorizmi
                3. Kitab III- Rekontruksi Planetarium
                4. Kitab IV- Astronomi
                5. Kitab V- Kalender Yahudi, dll

2. Ibnu Sina
newsmedia.co.id
      Avicenna begitulah namanya disebut di dunia barat sebagai filsuf, dokter dan juga ilmuwan. Ibnu Sina lahir di Persia (Uzbekistan). Beliau produktif di bagian filosofi dan pengobatan.

         Ibnu Sina (Abu Ali Al-husayn bin Abdullah bin Sina) lebih dikenal sebagai Bapak Pengobatan Modern. Beliau lahir pada tahun 980 di afsyahnah dekat Bukhara dan meninggal pada tahun 1037 di Hamadan, Persia (Iran).

          Dia telah mengarang 450 karangan pokok bahasan besar, dan diantaranya memusatkan pada kedokteran dan filosofi. Bagi George Sarton, Ibnu Sina adalah "Ilmuwan paling terkenal dari Islam dan salah satu paling terkenal dalam semua bidang, tempat, dan waktu".
Karya :       1. Qanun fi Tib (canon of medicine)
                  2. Asy-syifa (18 jilid ttg berbagai macam pengetahuan)
                  3. An-najat
         

3. Al-Battani
en.wikipedia.org
      Al-Battani (858-929) lahir di Harran dekat Urfa (Turkey), dikenal sebagai Albatenius. Lebih dikenal sebagai ahli astronomi dan ahli matematika dari timur tengah. Nama lengkap Al-battani adalah Abu Abdullah Muhammad ibn Jabir ibn Sinan Ar-raqqi Al-harrani As-sabi Al-battani.

         Al-Battani bekerja di Ar-raqqah, Damaskus, Suriah. Salah satu pencapaiannya adalah tentang penentuan tahun Matahari sebagai 365 hari, 5 jam, 46 menit, 24 detik, menemukan sejumlah persamaan trigonometri, memecahkan persamaan sin x = a cos x , dan juga menggunakan gagasan al-marwazi tentang tangen dalam mengembangkan persamaan-persamaan untuk menghitung tangen. 



4. Ibnu Rusyd
readone111.wordpress.com
     Lahir di Marrakesh Maroko pada tahun 1126, dikenal dengan sebutan Averroes, seorang filsuf dari Andalusia (Spanyol). Ibnu Rusyd wafat pada tanggal 10 Desember 1198. Dia mendalami banyak ilmu seperti kedokteran, hukum, matematika dan filsafat. Dia juga mendalami filsafat Ibnu Ja'far Harun dan Ibnu Baja.

        Semasa hidupnya Ibnu Rusyd diberikan untuk mengabdi sebagai Qadi (hakim) dan fisikawan. Dia dikenal sebagai komentator terbesar atas filsafat Aristoteles yang memengaruhi filsafat kristen didunia barat termasuk St. Thomas Aquinas. Banyak yang datang berkonsultasi masalah kedokteran dan masalah hukum bersama Ibnu Rusyd. Karyanya meliputi bidang kedokteran, filsafat dan fiqh.
Karya:  1. Bidayat Al-Mujtahid
            2. Kulliyaat fi At-tib (Kuliah Kedokteran)
            3. Fasl Al-Maqal fi Ma Bain Al-Hikmat Wa Asy-Syari'at

5. Ibnu Batutah
study.mykomica.org
      Nama lbnu Batutah : Abu Abdullah Muhammad bin Batutah, lahir di Tangier, Maroko sekitar tahun 1304 adan 1307, dikenal sebagai soerang pengembara Berber Maroko. Sultan Maroko mendukung Ibnu Batutah mendiktekan beberapa perjalanan pentingnya kepada seorang sarjana yang bernama Ibnu Juzay bertemu saat sedang berada di Siberia.

       Ibnu Batutah berangkat Haji pada usia sekitar 20 tahun, setelah selesai dia melanjutkan perjalanannya hingga melintasi 120.000 sepanjang dunia Muslim sekitar 44 negara Modern.


6. Abu Bakar Muhammad bin Zakaria Ar-Razi
jumrah.com
     Lahir di Tehran pada tahun 864-930. semasa hidupnya beliau meneliti tentang penyakit seperti demam, cacar, alergi dan asma. selain itu Ar-Razi merupakan orang pertama yang menulis tentang imunologi dan alergi.

       Dunia barat mengenalnya dengan nama Rhazes yaitu seorang pakar sains yang berasal dari Iran. sejak mudah Ar-Razi telah mempelajari Ilmu Filsafat, Kesusastaraan, Kimia, dan Matematika. Di bidang kedokteran beliau berguru pada Hunayn bin Ishaq di Baghdad, namun setelah dewasa Ar-Razi ditunjuk sebagai pemimpin sebuah Rumah Sakit di Rayy dan Muqtadari (Baghdad) dan telah dibuktikan dengan catatannya tentang penyakit cacar.

      Pada salah satu tulisannya menjelaskan bahwa penyakit Rhinitis bisa terjangkit apabila mencium bunga mawar di musim panas. Pada bidang farmasi beliau berkontribusi membuat peralatan medis seperti tabung, spatula dan mortar selain itu beliau juga mengembangkan obat-obatan yang berasal dari merkuri.

7. Ibnu Haitham
aliabdussalam.wordpress.com
     Ibnu Haitham lahir di Basrah pada tahun sekitar 965 kemudian tinggal di Cairo, Mesir hingga akhir hayatnya pada tahun 1039. Beliau lebih dikenal dengan nama Alhazen sebagai seorang peneliti tentang sifat cahaya dan juga ahli di bidang ilmu falak, sains, matematika, pengobatan, filsafat, dan geometri.

       Ibnu Hitham pernah di angkat sebagai pegawai pemerintahan di tanah kelahirannya dikarenakan beliau sangat mencintai ilmu pengetahuan. Setelah beberapa lama bekerja di pemerintahan beliau kemudian hijrah ke ahwaz dan mesir dan dalam perjalanan dia dapat menghasilkan beberapa karya tulis yang sangat fenomenal tentang matematika dan falak, tujuannya ialah agar mendapat uang cadangan dalam menempuh perjalanan ke Universitas Al-Azhar.
       Ibnu Haitham sangat mahir di bidang sains, falak, matematika, geometri, pengobatan, dan filsafah. Teorinya tentang pengobatan mata masih digunakan hingga saat ini di berbagai universitas seluruh dunia. Ilmuawan-ilmuwan eropa banyak menggunakan penenmuan Ibnu Haitham sebagai pendalaman ilmu yang mempelajari sifat cahaya dan beberapa ilmuwan eropa terinspirasi dari Ibnu Haitham dalam menciptakan Teleskop dan Mikroskop.



itulah 7 ilmuwan fenomenal versi Gudang Isi. terima kasih
Share:

0 comments:

Post a Comment

Translate

Muhammad Maulana & Rifqi Fuadi. Powered by Blogger.