Selamat Datang Rakan dan Semoga Bermanfaat.

Friday, May 20, 2016

Inilah Tips Sehat Ala Nabi Muhammad SAW

















   (jintan hitam doc: hargahabbatussauda.com ) 
   
     Ramai yang mengatakan sehat itu mahal, justru sakit itu yang mahal. tugas kita ialah melakukan pencegahan sebelum sakit. yaa, dengan mencontohkan apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad
   
    "sesungguhnya telah ada dalam diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. {Q.S.  Al-Ahzab[33]:21}

     "dua nikmat yang sering kali manusia tertipu oleh keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang".(HR. Bukhari no.6412)

      Seumur hidup Rasulullah, beliau mengalami sakit hanya dua kali. pertama, ketika diracun oleh wanita yahudi yang menghidangkan makanan kepada Nabi SAW di madinah. kedua, ketika menjelang wafatnya Nabi SAW.


     Berikut tips kesehatan Rasulullah :

1). Cepat tidur dan cepat bangun


doc :soulofjakarta.com
 
   Rasullulah SAW tidak menganjurkan umatnya yang begadang. hal itu yang menyebabkan beliau tidak suka berbincang-bincang dan makan sesudah waktu shalat isya.
   Jika sudah waktunya tidur beliau akan cepat tidur. waktu tidur yang tepat stelah shalat isya kira-kira pukul 21.30 WIB malam, dan kemudian pukul 03.00 beliau bangun untuk shalat malam
   waktu tidur yang digunakan adalah kurang dari 8 jam. jadi, penggunaan waktu 24 jam dalam satu hari satu malam ialah sepertiga untuk beribadah kepada Allah SWT, sepertiga untuk bekerja, sepertiganya lagi untuk waktu tidur yang cukup. dan ini bisa kita katakan seimbang.

2) Berpuasa


      Seperti yang sudah kita ketahui dalil umat islam yang diwajibkan berpuasa pada bulan Ramadhan, tapi alangkah baiknya lagi jika puasa sunnah.

      Puasa juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit atau lebih, contohnya seperti :
  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes
  • Jantung dan Pengerasan arteri
  • Asma dan Saluran pernapasan
  • Kanker
  • Penyakit Hati
  • Penyakit kulit (alergi)
     Puasa juga dianggap senjata yang mutakhir dalam dunia kedokteran.

3) Tidak Pemarah

   












   








doc : twitter.com (@mysterangry

        "Dari Abu Hurairah r.a, sesungguhnya seseorang bertanya pada Rasulullah SAW : (Yaa Rasulullah) Nasihatilah saya. beliau bersabda : jangan kamu marah. dia menanyakan itu berkali-kali. Maka beliau : jangan kamu marah (HR. Bukhari)

        ini menunjukan bahwa kuatnya seseorang bukan terletak pada jasad, tapi pada kebersihan jiwa. tidak mudah marah juga terbukti menyehatkan tubuh.


4) Jaga Kebersihan

    








     


       Nabi Muhammad senantiasa tampak bersih dan rapi. setiap kamis dan jumat beliau mencukur rambut halus dipipi, bersiwak, memotong kuku, dan tidak lupa memakai minyak wangi. 
       Nabi juga sangat menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan siwak dan sampai saat ini masih dilakukan oleh umatnya

5) Pola Makan

      














     




      Menu sarapan  Nabi SAW  pada pagi hari membuka sarapan dengan segelas air yang dicampur dengan sesendok madu asli. yakni pada dasarnya madu dapat menjadi obat segala penyakit. madu berfungsi untuk membersihkan lambung, menyembuhkan sembelit, peradangan, wasir dan dapat mengaktifkan usus-usus.
      Ketika masuk waktu pagi menjelang siang (dhuha), rasul senantiasa memakan 7 butir kurma ajwa' karna kurma tersebut dapat melindungi tubuh dari racun. Nabi Bersabda ,"barangsiap yang makan 7 butir kurma, maka akan terlindung dari racun".
      Hal ini terbukti ketika seorang yahudi menaruh racun dalam makanan rasul pada sebuah percobaan pembunuhan di perang Khaibar . 
      Pada malam hari, menu makan beliau adalah sayur-sayuran yang dapat melindungi dari serangan penyakit.
      Nabi Muhammad SAW tidak langsung tidur setelah beliau makan malam, tapi beliau melakukan aktivitas dahulu supaya apa yang beliau makan masuk ke lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna. salah satu caranya bisa dengan Shalat

6) Olahraga

   


















doc : www.suara21.com

      Rasulullah juga melakukan berbagai jenis olahraga agar tetap kuat, beliau pernah bergulat, memanah, dan berlomba lari
      Rasulullah Bersabda : "ketahuilah bahwa yang dimaksud kekuatan itu adalah memanah, beliau mengucapkannya 3 kali." (HR. Muslim)

7) Sosialisasi

      Rasulullah memiliki banyak sahabat dan senanttiasa menjaga silahturahim dengan kerabat serta tetangga dengan baik, bersosialisasi juga merupakan salah satu tips menjaga kesehatan ala Nabi Muhammad SAW
     Riset studi di Harvard School of Public Health menemukan bahwa pria yang berusia 70-an yang memiliki hubungan sosial yang baik punya kemungkinan lebih kecil mengalami kerusakan atau penyakit jantung 

8) Bekam


Hadits :
  Said bin Jubir berkata dari Ibnu Abbas r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda :
"Kesembuhan dapat diperoleh dengan 3 cara: pertama dengan meminum madu (dengan obat herbal), kedua dengan berbekam/hijamah, dan ketiga dengan (terapi) besi panas. dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas." (HR. Bukhari)




*berbagai sumber
jika ada yang janggal silahkan komentar dibawah ini, terima kasih

Share:

0 comments:

Post a Comment

Translate

Muhammad Maulana & Rifqi Fuadi. Powered by Blogger.