Selamat Datang Rakan dan Semoga Bermanfaat.

Tuesday, August 9, 2016

Ilmuwan Muslim Ahli Mesin dan Ciptaannya

Salam Sejahtera rakan...

     Kita selama ini pasti berpacu bahwa penemuan teknologi yang digunakan saat ini diciptakan oleh orang barat, namun siapa sangka bahwa orang muslim menciptakan karya yang menakjubkan.

     Nah kali ini Gudang Isi akan menginfokan diciptakan oleh ilmuwan Al-Jazari.

     berikut penemuannya :

 Al-Jazari : Ahli Mesin/Robot

romansa.sman1-klt.sch.id
      Beliau lahir (1136 M) di al-jazera, mesopotamia (wilayah tenggara turki antar sungai tigris dan sungai eufrat). Nama lengkap beliau Abu Al-'iz ibn Ismail Ar-Razaz Al-Jazari. Ayahnya mengabdi di kediaman dari dinasty cabang mardin yang memerintah wilayah timur Anatolia sebagai wilayah pengikut dari dinasty Zangid dan selanjutnya dinasty Ayyubiyah sebagai kepala insinyur di Istana Artuklu.
     Al-jazari lebih canderung sebagai praktisi insinyur karena beliau bagian dari tradisi pengrajin. Buku beliau yang sangat populer yaitu "fi ma'rifat al-hiyal al-handasiyya (pengetahuan ilmu mekanik) tahun 1206 M yang menjelaskan peralatan-peralatan yang ia bangun sendiri sebagaimana terlihat sejumlah salinan manuskrip. 
     Aspek dari mesin-mesin yang diciptakannya diperkenalkan pada tahun 1206 M yang menerapkannya dalam automaton ciptaannya, water-raising machines dan water clocks (such as the candle clocks).
(Water Raising device)
en.wikipedia.org
Diagram from booken.wikipedia.org
   
    














en.wikipedia.org
     Penemuannya yang paling fenomenal adalah elephant clocks (jam gajah). yang terdiri dari jam hidrolik yang berbentuk gajah diatas gajah tersebut ada tenda mini yang menjadi tempat komponen jam dan patung-patung yang bergerak yang berbunyi setiap setangah jam sekali. Jam gajah ini mengusung siklus mekanik secara otomatis menggerakkan seluruh bagian jam







Sumber Referensi ;
wikipedia.org
blogpenemu.blogspot.co.id
Share:

0 comments:

Post a Comment

Translate

Muhammad Maulana & Rifqi Fuadi. Powered by Blogger.