Selamat Datang Rakan dan Semoga Bermanfaat.

Sunday, August 28, 2016

Apa Itu Tauhid ?

Salam sejahtera rakan..
Sekarang kita mencoba memahami definisi dari tauhid dengan mengutip perkataan ulama dalam karya ilmiah Mereka Rahimahumullah.
Apa yang dikatakan dengan tauhid ?
Tauhid menurut bahasa ; mengetahui bahwa sesuatu itu satu Sedangkan menurut Syara' adalah Mengesakan yang disembah dengan cara ibadah beserta mengi'tikadkan EsaNya dan membenarkan dgn hati keEsaanNya baik pada Zat, pada Sifat maupun pada Perbuatan.
Maka, tidak ada disana satu zatpun yang menyerupai Zat Allah Ta'ala, dan Zat Allah Ta'ala itu tidak menerima bagi (tidak terbagi-bagi) baik secara nyata, waham, maupun secara takdir ( mengira-ngira),
Dan Sifat Allah Ta'ala tidak menyerupai segala sifat, dan juga tidak berbilang-bilang pada SifatNya dari satu jenis, sebagai contoh ; misalnya bagi Allah Ta'ala memiliki dua sifat qudrah.
Dan tidak masuk isytirak ( perkongsian ) pada perbuatanNya karna tak ada satupun perbuatan selain Perbuatan Allah Subhanahu wa Ta'ala yg dpat menciptakan walaupun di nisbatkan kepada perbuatan selain PerbuatanNya itu usaha.
و شرعا افراد المعبود بالعبادة مع اعتقاد وحدته وتصديقها ذاتا وصفاتا وافعالا
فليس هناك ذات تشبه ذاته تعالي ولا تقبل ذاته الانقسام لا فعلا ولا وهما ولا فرضا
ولا تشبه صفاته الصفات ولا تعدد فيها من جنس واحد بان يكون له تعالي قدرتان متلا ولا يدخل افعاله الاشتراك اذ لا فعل لغيره سبحانه خلقا و ان نسب الي غيره كسبا
Wallahua'lam
Referensi ; Sebuah kitab syarahan terhadap kitab Jauharatut Tauhid.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Translate

Muhammad Maulana & Rifqi Fuadi. Powered by Blogger.