Selamat Datang Rakan dan Semoga Bermanfaat.

Tuesday, August 9, 2016

Ilmuwan Muslim Menciptakan Sabun



Salam Sejahtera Rakan...

         Sabun adalah salah satu bahan yang sering kita gunakan pada saat mandi, Namun, tahukah rakan bahwa yang pertama kali menciptakan sabun ialah Ar-Razi (Rhazes) [no.6] seperti yang telah Gudang Isi jelaskan sebelumnya.


Berikut sedikit ulasan tentang penemuan sabun :



Abu Bakar Muhammad bin Ar-Razi (rhazes) : Penemu Sabun


www.sciencemuseum.org.uk
       Lahir di Tehran pada tahun 864-930. semasa hidupnya beliau meneliti tentang penyakit seperti demam, cacar, alergi dan asma. selain itu Ar-Razi merupakan orang pertama yang menulis tentang imunologi dan alergi.

       Dunia barat mengenalnya dengan nama Rhazes yaitu seorang pakar sains yang berasal dari Iran. sejak mudah Ar-Razi telah mempelajari Ilmu Filsafat, Kesusastaraan, Kimia, dan Matematika. Di bidang kedokteran beliau berguru pada Hunayn bin Ishaq di Baghdad, namun setelah dewasa Ar-Razi ditunjuk sebagai pemimpin sebuah Rumah Sakit di Rayy dan Muqtadari (Baghdad) dan telah dibuktikan dengan catatannya tentang penyakit cacar.

       Pada salah satu tulisannya menjelaskan bahwa penyakit Rhinitis bisa terjangkit apabila mencium bunga mawar di musim panas. Pada bidang farmasi beliau berkontribusi membuat peralatan medis seperti tabung, spatula dan mortar selain itu beliau juga mengembangkan obat-obatan yang berasal dari merkuri.


         Selain sabun beliau juga yang menemukan alkohol dengan cara fermentasi, asam sulfat serta mengelompokkan kimia organik dan anorganik. Namun sabun adalah salah satu ciptaan yang sangat populer sehingga dapat kita gunakan sampai saat ini dan komposisinya tidak jauh berbeda dengan sabun yang kita gunakan saat ini.



       Berikut komposisi sabun ciptaan Ar-Razi (Razhes).

Sabun (صابون) = Minyak Zaitun (زيت الزيتون) + alkali (القالي) + natrun (نطرون) + pewangi (زائل للرائحة الكريهة)

        Komposisi yang digunakan saat ini tidak jauh berbeda dengan komposisi ciptaan Ar-Razi. selain beliau ilmuwan lain ada juga Abdul Qasim Az-Zahrawi (Abulcasis). dokter ahli kosmetik yang memaparkan tata cara pembuatan sabun dalam kitabnya "At-Tasrif".


sekian dan terima kasih rakan..





Referensi :
altijaara.com
wikipedia.org

Share:

0 comments:

Post a Comment

Translate

Muhammad Maulana & Rifqi Fuadi. Powered by Blogger.