Selamat Datang Rakan dan Semoga Bermanfaat.

Thursday, August 11, 2016

Koca Mimar Sinan Agha Arsitek Muslim Ternama

Salam Sejahtera Rakan..

       Gudang Isi akan menyajikan sedikit info tentang arsitek muslim terkenal pada era Turky Ustmani yang bernama Mimar Sinan.
   

Koca Mimar Sinan Agha : Arsitek Muslim

osolihin.wordpress.com
       Lahir di Kaysariya, Anatolia pada tahun 1489 M, Meninggal tahun 1588 M. Terlahir dengan nama Joseph, data menyebutkan beliau anak dari Abdulmenan (ayah nasrani tak dikenal yang anaknya menjadi Muslim). Beliau berasal dari agama kristen yunani atau armenia, namun ia mendapat hidayah kemudian masuk islam.
   
        Mengikuti jejak ayahnya, beliau direkrut menjadi anggota khusus Ustmaniyyah yaitu Korps Janissari (Yenicheri). Namun siapa sangka, di dunia militer jiwa dan bakat arsiteknya muncul dan beriring berjalannya waktu pangkat militernya pun naik. Beliau pernah di tolak oleh sekolah tinggi Kesultanan di Istana Topkapi dikarenakan umur beliau sudah 23 tahun. Lalu beliau dikirim ke sebuah tempat kursus keterampilan, pertama ia belajar menukang kayu dan matematika. Namun berkat kecerdasannya ia diangkat menjadi asisten arsitek dan dilatih untuk menjadi arsitek.
      
      Tiga tahun setelah belajar arsitek beliau mendapat gelar arsitek ahli dan insinyur, disela-sela kesibukannya beliau juga mengikuti jihad sebagai anggota janissari. Pada tahun 1521-1522 (Turki perang dengan Beograd dan Rhodes) Mimar menjadi kepala operator kembang api,

      Karier militernya melesat  di berulang-ulang kali dipromosikan hingga menjadi hakim polisi, Dua kegiatan yang beliau jalani beliau mempelajari kelemahan suatu bangunan jika ditembak, Dia pun mendapat kewenangan untuk merobohkan bangunan yang tidak sesuai dengan perencanaan kota.

        Mimar Sinan juga membantu membangun benteng dan jembatan, antara lain jembatan diatas Sungai Donau, sementara di kota eropa Mimar banyak mengubah gereja menjadi masjid,

        Pada tahun 1543 anak Sultan Sulaiman meninggal dunia yaitu Sultan Muhammad, kejadian ini membuat Sultan Sulaiman berniat untuk membangun masjid megah yang sultan gunakan untuk melayani umat islam di Istanbul sekaligus pahala jariyah buat anaknya.

        Momen ini kesempatan pertama dari Sultan untuk Mimar Sinan atas proyek besar yakni masjid megah dan tempat tersendiri di hati sultan Sulaiman.

kisahmuslim.com

      Setelah 4 tahun Mimar mengerjakan proyek sehzade jami' (Masjid Pangeran) di pusat kota istanbul, Di komplek kulliye masjid terdapat dapur untuk kaum miskin, penginapan wisatawan dan makam sultan Muhammad.

upload.wikimedia.org
      Dan masih banyak karya-karya beliau dalam bidang arsitektur yang terkenal seperti Masjid Sulemaniye, Mehmed sedefkar Agha, Masjid Sultan Ahmed.
   
      Sekian sedikit pembahasan sejarah dan perjalanan singkat tentang Koca Mimar Sinan Agha.


Terima kasih rakan...



Referensi :

id.wikipedia.org
kisahmuslim.com
osolihin.wordpress.com
www.satujam.com




       
Share:

0 comments:

Post a Comment

Translate

Muhammad Maulana & Rifqi Fuadi. Powered by Blogger.